Prestasi dalam Literasi

SMAN I Temanggung merupakan salah satu pusat pendidikan tertua di Kab. Temanggung. Letaknya yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota, ternyata tidak menyurutkan para guru dan siswa untuk mengukir prestasi sampai tingkat Jawa Tengah, atau tingkat Nasional.

Dengan bermodalkan jaringan internet, berbagai informasi selalu dapat diikuti. Begitu juga informasi mengenai ajang perlombaan. Para guru selalu memberikan motivasi para siswa agar dapat mengikutinya. Keikutsertaan para siswa tersebut dimaksudkan agar para siswa mampu mengembangkan ilmu yang diperoleh selama pembelajaran di kelas. selain itu, dapat menggali, dan menerapkan berbagai keterampilan yang dimiliki.

Keterampilan yang sedang dikembangkan di SMAN I Temanggung adalah keterampilan menulis. Dengan menulis, diharapkan para siswa dapat berekspresi, dan  menyampaikan ide-ide yang dapat dipertanggung jawabkan dalam berbagai hal.

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 27 November 2017, dua siswa SMAN I Temanggung mengikuti lomba penulisan Esai Nasional yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Lomba ini diikuti para pelajar SLTA se-Jawa Tengah, bertempat di Universitas Diponegoro (UNDIP)  Semarang. Setelah mengikuti seleksi, karya mereka berhasil masuk babak vinal. Zahra …. dan Alwi Johan …. harus mempresentasikan tulisannya di depan dewan juri. Dalam presentasi ini, kemampuan penalaran dan keterampilan berbicara diuji dewan juri. Dengan dukungan para pembimbing dan para siswa lain, mereka  mempersiapkan diri dengan berlatih, dan berdiskusi.  Perjuangan keras mereka dapat membuahkan hasil, dua vinalis dari SMAN I Temanggung berhasil meraih juara dua dan juara tiga lomba Esai Nasional tigkat SLTA se-Jawa Tengah.

Senada dengan lomba yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng menggandeng para pelajar SLTA se-Jawa Tengah untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan Bank Jateng melalui lomba Karya Ilmiah 2018.  Dalam lomba ini, salah satu siswa SMAN I Temanggung atas nama Alwi Johan Yogatama berhasil meraih juara harapan 1 dan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000,- .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *